Catatan Perjalanan :

Amole

Kumpulan Catatan Perjalanan

Yusuf Iskandar :

·         Sehari Di Selatannya Denver (1-3)

·         Konser Musik Woodstock (1-2)

·         Keliling Setengah Amerika (1-42)

·         Musim Panas Di Arizona (1-10)

·         Sekali Menginjak Gas, Delapan Negara Bagian Terlampaui (1-14)

·         Antara Bill Clinton Dan Elvis Presley (1-2)

·         Dari New Orleans Ke Kendal (1-12)

·         Pensiun Ketika Mati

·         Mengunjungi Teman Seperguruan Di Lafayette

·         Nenek-nenek Amerika

·         Sang Pramugari Dan Penumpang Yang Kecewa

·         Mengawali Hari Di Guam

Sehari Di Selatannya Denver

Pengantar :

Sekedar memanfaatkan waktu luang sehari seusai mengikuti kursus “Mine Evaluation” di Golden, saya melakukan perjalanan singkat ke kawasan di sebelah selatannya kota Denver, Colorado, sebelum kembali ke New Orleans. Hari itu, tanggal 9 Desember 2000 yang bertepatan dengan bulan puasa Ramadhan 1421 H dan pertengahan musim dingin. Sekedar berbagi cerita.-

1.        Menuju Ke Jembatan Gantung Royal Gorge

2.        Turun Ke Dasar Ngarai

3.        Purnama Di Taman Dewata

Konser Musik Woodstock

Pengantar :

Catatan ini saya buat untuk menjawab pertanyaan rekan saya Mas Mimbar Seputra : “Apakah kota Woodstock yang saya maksud dalam perjalanan Keliling Setengah Amerika itu adalah kota Woodstock yang sering digelar pesta musik kaliber dunia?”. Pertanyaan ini justru mengingatkan saya tentang konser musik Woodstock dan masa kecil saya. Karena itu, catatan berikut ini sekaligus merupakan catatan perjalanan dan nostalgia saya.

1.       Konser Musik Woodstock (Bagian 1)

2.       Konser Musik Woodstock (Bagian 2)

Keliling Setengah Amerika

Pengantar :

Terdorong oleh obsesi untuk melihat sebanyak mungkin belahan lain dari negara Amerika, maka selama dua pekan dari tanggal 1-15 Juli 2000 yang lalu saya dan keluarga melakukan perjalanan liburan lewat darat mengelilingi setengah negara Amerika belahan timur. Perjalanan ini melintasi 33 negara bagian dan ibukota Washington DC, menjalani hampir 5.500 mil (8.800 km), menghabiskan 186 gallon (704 liter) BBM dan rata-rata 12 jam setiap hari berada di jalan.

Seorang teman Amerika saya mengomentari perjalanan ini sebagai "bahkan sopir truk Amerika pun tidak pernah melakukannya", dan seorang rekan lainnya berkomentar “it’s crazy”. Yang pasti, kami sekeluarga telah melihat Amerika lebih banyak dari yang pernah dilihat oleh umumnya orang Amerika sendiri.

Hanya karena saya bukan sopir truk dan tidak gila, maka saya bisa berbagi cerita melalui catatan perjalanan ini. Barangkali bisa untuk dikenang bagi yang pernah berada di daerah yang kebetulan saya lalui, atau untuk diniati bagi yang berencana mengunjungi negeri ini, atau untuk sekedar selingan saja.-

1.        Mengotak-atik Rute Perjalanan

8.        Antri Memasuki Gedung Putih

9.        Mengunjungi Musium Smithsonian

10.    Menikmati Ikan Bakar, Lalapan Dan Sayur Asam

11.    “Selamat Ulang Tahun, Amerika”

12.    Naik Kereta Bawah Tanah Menjelang Tengah Malam

42.    Di Bawah Purnama, Kami Kembali Ke New Orleans

Musim Panas Di Arizona

Pengantar :

Tanggal 2 sampai 17 Agustus 2000 yang lalu saya melakukan perjalanan dinas ke kota Phoenix, ibukota negara bagian Arizona. Di sela-sela hari kerja di saat akhir pekan, saya menyempatkan untuk jalan-jalan mengunjungi beberapa tempat menarik. Berikut ini catatan perjalanan saya.-

1.        Api Di Mana-mana

10.    Taman Nasional Gila

Sekali Menginjak Gas, Delapan Negara Bagian Terlampaui

Pengantar :

Tanggal 21 – 30 April 2000 yll, saya bersama keluarga melakukan perjalanan liburan dengan travelling ke daerah Colorado dan sekitarnya. Selama sembilan hari, lebih 3.000 mil (sekitar 4.800 km) kami jalani, 8 negara bagian (states) kami lewati : Utah, Nevada, California, Arizona, New Mexico, Colorado, Nebraska dan Wyoming. Catatan perjalanan ini saya maksudkan hanya sekedar untuk berbagi cerita ringan, siapa tahu bisa menjadi selingan yang menghibur.-

1.        Mengawali Perjalanan Dari Salt Lake City

14.    Marga Satwa Saurus Itu Memang Pernah Ada

Antara Bill Clinton Dan Elvis Presley

Pengantar :

Dari catatan-catatan kecil saya yang sempat lama terselip dan belakangan saya temukan kembali, lalu saya susun menjadi sebuah Catatan Perjalanan : “Antara Bill Clinton dan Elvis Presley”. Perjalanan itu sendiri kami lakukan pada tanggal 15-17 Januari 2000, bertepatan dengan hari libur nasional marthin Luther King Day. Sekedar untuk berbagi cerita ringan.-

1.       Ke Kampungnya Bill Clinton

2.       Ke Rumahnya Elvis Presley

Dari New Orleans Ke Kendal

Pengantar :

Mulai hari ini saya akan mem-posting sebuah catatan perjalanan secara bersambung. Semoga ada hikmah yang bisa di ambil di balik pengalaman perjalanan panjang lebih 40 jam dari New Orleans menuju Kendal yang sangat melelahkan. Terutama bagi rekan-rekan yang garis nasibnya telah membawanya untuk bekerja di tempat yang jauh dari sanak famili.-

1.       Jika Mendadak Harus Pulang Kampung

7.       Jika Ingin Tilpun dari Tilpun Umum Di Bandara Narita

8.       Jika Memilih Untuk Tidur Di Ruang Tunggu Bandara Changi

9.       Jika Pilihan Saya Ternyata Salah

10.    Jika Harus Kembali Memainkan Lakon “Emergency”

11.    Jika “Check-In” Di Cengkareng Pada Saat-saat Terakhir

12.    Jika Harus Ada Yang Disesali

Pensiun Ketika Mati

Hari Minggu, 29 April 2001, sekitar jam 9:00 pagi saya tiba kembali di New Orleans, Louisiana, setelah menempuh perjalanan lumayan panjang sekitar 14 jam dari Juneau, Alaska. Dari bandara New Orleans saya lalu menggunakan taksi untuk pulang ke apartemen. Kali ini saya menjumpai taksi yang tampil beda dari biasanya.

Sejak pertama kali memasukkan barang bawaan ke dalam bagasi belakang taksi, saya sudah mencium sesuatu yang lain dari biasanya. Di bagian lantai bagasinya tergelar kain tebal seperti selimut bergaris-garis merah muda seakan-akan difungsikan sebagai karpet. Begitu masuk dan duduk di jok belakang taksi, serta-merta tercium bau wangi-wangian yang jelas aromanya terasa sumegrak (bukan semerbak tapi berbau tajam), aroma yang aneh untuk selera indra penciuman orang Indonesia. ……. [Selengkapnya]

Mengunjungi Teman Seperguruan Di Lafayette

Berawal dari rencana untuk menghadiri acara social gathering keluarga masyarakat Indonesia-Amerika (Indonesian-American Community Association - IACA) di sebuah desa di luar kota New Orleans. Desa itu terletak di bilangan kota kecil Thibodaux, kira-kira berjarak 60 mil (sekitar 96 km) arah barat daya dari New Orleans. Mengingat acaranya akan diselenggarakan pada sore hari (tepatnya hari Sabtu malam Minggu) di lokasi yang agak jauh, maka ……. [Selengkapnya]

Nenek-nenek Amerika

Minggu yang lalu saya melakukan perjalanan ke kota Phoenix (ibukota negara bagian Arizona). Wilayah Arizona ini berada di sebelah selatan agak ke barat daratan Amerika dan di sebelah selatannya berbatasan dengan negara Mexico. Perjalanannya sendiri sebenarnya hal yang biasa-biasa saja, dalam arti saya berangkat dan pulang naik pesawat, siang hari kerja dan malam tidur di hotel. Namun justru dalam hal yang biasa itu saya menjumpai ……. [Selengkapnya]

Sang Pramugari Dan Penumpang Yang Kecewa

Barangkali ini kejadian yang biasa-biasa saja, ketika ada seorang penumpang pesawat yang kecewa oleh pelayanan awak pesawatnya. Paling-paling sang awak pesawat akan minta maaf, dan sesudah itu sebodo amat, mau diterima atau tidak. Tapi bagi saya menjadi peristiwa yang luar biasa, setidak-tidaknya jarang saya jumpai, ketika ada seorang penumpang Singapore Airlines di sebelah saya dalam perjalanan Jakarta – Singapura kecewa berat .……. [Selengkapnya]

Mengawali Hari Di Guam

Pernah dengar kata Guam? Guam adalah nama sebuah tempat, atau tepatnya nama sebuah daratan yang terletak di sisi agak ke barat Samudra Pasifik, yang membatasinya dengan Laut Philipina, atau kira-kira 2,500 km di sebelah utara daratan Papua (Irianjaya). Saya sempat transit di wilayah ini dalam perjalanan dari Honolulu menuju Denpasar.……. [Selengkapnya]